Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh - Air kelapa salah satu minuman yang banyak dijumpai di Indonesia, karena pohon kelapa banyak tumbuh di Indonesia.
Kelapa mempunyai nama latin 'Cocos Nucifera' selain airnya, pohon kelapa, buah dan daunnya juga bisa dimanfaatkan.

 

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan, antara lain :
1. Vitamin C
2. Asam nikotinat
3. Asam pantotenat
4. biotin
5. riboflavin
6. dan juga asam folat

Beberapa manfaat air kelapa juga sudah tidak dipungkiri lagi buat kesehatan tubuh, manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh sebagai berikut :

1. Mengatasi dehidrasi ( pengganti ion tubuh )


Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang kita kehilangan selama kegiatan fisik atau olahraga. Orang-orang yang bekerja secara teratur harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Air kelapa sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.

3. Antioksidan


Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

4. Untuk kesehatan kulit


Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. air kelapa memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit karena mengandung vitamin E bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

5. Untuk pencernaan


Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.


6. Mencegah penuaan dini


Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.


7. Mengurangi tekanan darah tinggi


Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Banyak lagi manfaat air kelapa selain tertulis diatas, kelapa banyak manfaatnya bagi manusia.
karena itu semua orang tahu dengan buah ini.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)


Previous
Next Post »

Ads Inside Post