Cara ngetap oli mesin yang benar


Cara ngetap oli mesin yang benar - Memang masih saja banyak kekurangan masalah cara mengetap oli mesin yang paling benar. Tahunya oli mesin di tap dari lubang pengetapan.
Apakah cukup seperti ini ? Problem terbaru terjadi pada bebebk 4 tak keluaran 05 keatas, beberapa bagian sil-sil calter mesin ternyata mudah bocor, seperti sil gir depan, persneling dan sil starter.
Kadang juga sampai muntah pada lubang pengisian. Indikasinya timbul rembesan di sekeliling lubang pengisian. Mirip dengan mesin yang terlalu berlebihan kapasitas oli mesinnya.
Lalu bagaimana cara mengetap oli mesin yang benar ? Mengapa hal ini erat kaitannya dengan rutinitas penggantian oli mesin ? Ini penjelasannya.

 

Cara ngetap oli mesin yang benar

Pertama pastikan motor bearada di permukaaan bidang yang datar saat proses pengetapan oli mesin. Buka baut penutup tap oli mesin dengan kunci sok, dengan stang panjang. Dan jangan biasakan memakai kunci sok dengan gagang Y atau T.
Sebab mudah sekali menimbulkan slag, efek porsi tekanan saat membuka yang tak seimbang.
Setelah tetesan oli mesin terakhir, rebahkan motor ke kiri selama satu menit dan kembalikan pada posisi tegak. Setelah itu rebahkan ke kanan selama satu menit.
Sudut idealnya saat merebahkan bodi motor bisa hingga 45-50 derajat.

Hal ini dimaksudkan agar oli mesin bekas yang ngendon di calter kanan kiri yang terbatasi oleh sekat dapat bergulir ke crank case tengah. Dimana bagian itu letak dari lubang pengetapan. Dengan demikian oli mesin bekas yang ada di mesin dapat keluar secara keseluruhan.
Dan kapasitas oli mesin yang dituangkan tak akan mempengaruhi performa mesin.
Sebab jumlah kapasitas oli benar-benar fix dan tak terlalu berlebihan ketika megiringi mekanis mesin saat bekerja. Hal ini juga dapat dilakukan pada motor jenis lain saat penggantian oli mesin.
    
Demikian cara ngetap oli mesin yang benar,mohon maaf bila ada kesalahan.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)

Sumber : Majalah Ototrend
Previous
Next Post »

Ads Inside Post