Pengertian Hepatitis

Pengertian Hepatitis - Hepatitis adalah sebuah virus penyakit yang marak terjadi, penyakit ini biasanya menyerang di dalam hati manusia, selanjutnya baca selengkapnya.


Pengertian Hepatitis

Hepatitis virus merupakan penyakit sistemik yang terutama mengenai hati. Kebanyakan kasus hepatitis virus akut pada anak dan orang dewasa disebabkan oleh salah satu dari agen berikut: virus hepatitis A (HAV), agen penyebab hepatitis virus tipe A (hepatitis infeksius) ; virus hepatitis B (HBV),  penyebab hepatitis virus B (hepatitis serum) ; virus hepatitis C (HCV), agen hepatitis C (penyebab sering hepatitis pasca transfusi) ; atau virus hepatitis E (HEV), agen hepatitis yang ditularkan secara enterik.


Virus hepatitis menimbulkan peradangan hati akut, memberikan gambaran klinis penyakit berupa demam, gejala gastrointestinal seperti mual dan muntah serta ikterus. Tanpa memandang tipe virus, lesi histopatologi yang identik ditemukan pada hati selama penyakit akut (Jawetz, 2008).
Jenis virus hepatitis adalah virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, virus hepatitis F, virus hepatitis G, virus mononukleosis infeksiosa, virus demam kuning, virus mumps, virus rubella, virus epstein-barr, virus herpes dan sitomegalovirus (Ensiklopedi Kesehatan, 2010).

Salah satu penyebab yang paling umum dari peradangan hati adalah infeksi virus. Sebagaimana telah kita lihat, ada beberapa virus khusus yang menjangkiti sel hati. Viris-virus ini disebut virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Upaya tubuh dengan sistem kekebalannya untuk menghindar dari virus-virus tersebut mengakibatkan peradangan atau hepatitis (Sievert,dkk, 2010).

Infeksi virus hepatitis merupakan infeksi sistemik dimana hati merupakan organ target dengan kerusakan yang berupa inflamasi dan atau nekrosis hepatosit serta infiltrasi panlobular oleh sel mononuclear. Kemajuan di bidang biologi mononuclear pada saat ini memudahkan identifikasi dan pengertian pathogenesis hepatitis virus menjadi lebih baik.

Virus hepatitis A, C, D, E, dan G adalah virus RNA sedangkan virus hepatitis B adalah virus DNA. Virus hepatitis A dan virus hepatitis E tidak menimbulkan penyakit kronis sedangkan virus hepatitis B, C, dan D dapat menyebabkan infeksi kronis (Arief, 2012).

Ada 2 golongan cara penularan infeksi Virus Hepatitis B, yaitu penularan horizontal dan penularan vertikal. Cara penularan horizontal terjadi dari seorang pengidap infeksi VHB kepada individu yang masih rentan di sekelilingnya. Penularan horizontal dapat terjadi melalui kulit atau selaput lendir. Sedangkan penularan secara vertikal terjadi dengan cara penularan infeksi dari seorang ibu hamil pengidap atau penderita HBV kepada bayinya yang dilahirkan (Soemoharjo, 2008).

Virus hepatitis B ditularkan melalui darah atau produk darah dan berkembang menjadi hepatitis menahun, sirosis (penyakit hati menahun yang mengenai seluruh organ hati), dan kanker hati (Ensiklopedi Kesehatan, 2010).Virus hepatitis B digolongkan sebagai hepadnavirus. Virus hepatitis B menyebabkan infeksi kronik, terutama pada mereka yang terinfeksi saat bayi; virus hepatitis B merupakan faktor utama pada perjalanan akhir penyakit hati dan karsinoma hepatoselular pada orang-orang tersebut.

Ciri khas virus hepatitis
Virus
Hepatitis A
Hepatitis B
Hepatitis C
Hepatitis D
Hepatitis E
Famili
Picornaviridae
Hepadnaviridae
Flaviviridae
Tidak digolongkan
Tidak digolongkan
Genus
Hepatovirus
Orthohepadnavirus
Hepacivirus
Deltavirus
Seperti hepatitis E
Virion
27 nm, ikosahedral
42 nm, sferis
60 nm, sferis
35 nm, sferis
30-32 nm, ikosahedral
Selubung
Tidak ada
Ya (HbsAg)
Ya
Ya (HbsAg)
Tidak
Genom
ssRNA
DsDNA
ssRNA
ssRNA
ssRNA
Ukuran genom
7,5 kb
3,2 kb
9,4 kb
1,7 kb
7,6 kb
Stabilitas
Stabil dalam panas dan asam
Sensitif asam
Sensitif eter, sensitif asam
Sensitif asam
Stabil panas
Transmisi
Fekal-oral
Parenteral
Parenteral
Parenteral
Fekal-oral
Prevalensi
Tinggi
Tinggi
Sedang
Rendah, regional
Regional
Penyakit fulminan
Jarang
Jarang
Jarang
Sering
Pada kehamilan
Penyakit kronik
Tidak pernah
Sering
Sering
Sering
Tidak pernah
Onkogenik
Tidak
Ya
Ya
?
Tidak










Demikian penjelasan tentang hepatitis.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian

Terima kasih :)

Previous
Next Post »

Ads Inside Post