Rawat baut dan mur


Rawat baut dan mur - Bisa dibilang peranan mur baut pad asebuah motor sangatlah vital karena tidak ada satupun piranti motor yang tidak manfaatkan mur baut sebagai unit pengencang kaitan antar bagian sebuah motor.
Karenanya jangan sepelekan peran mur dan baut karena jika diabaikan akan menuai kerepotan saat perawatan motor ataupun perbaikannya. Jadi harus piranti ini diperhatikan dan dirawat dengan ekstra.
Apa saja yang harus dilakukan ? inilah sedikit penjebarannya.


Rawat baut dan mur

Gunakan Kunci dan Obeng Yang Tepat

Sedini mungkin, pilih kunci ring atau kunci pas dan obeng yang tepat untuk menghindari kerusakan bidang pengencangan mur atau baut. Alangkah lebih bijak jika dipilih sesuai pas antara permukaan singgungan kunci/obeng terhadap bidang pengencangan mur-baut agar tidak terjadi kerusakan.
Jangan pula membuka skrup berkepala positif (+) dengan obeng berujung negatif (-) yang menyebabkan momen puntir atau tumpuan kekuatan obeng pada sekrup sangat minim karena jika dipaksakan akan merusak lubang pengencangan skrup.

Minyak Untuk Melarutkan Korosi

Lama tidak dikendurkan, baut atau mur akrab diserang korosi yang menjumpai di alur mur atau baut. Jika terjadi demikian, siram mur atau baut dengan minyak tanah, minyak kayu putih ataupun cairan penghilang karat. Lantas, lakukan pemukulan perlahan-lahan di area kepala baut atau mur.
Selain akan merusak kontruksi timbunan karat, cara ini juga akan membuka jalan minyak untuk meresap ke alur ulir mur-baut. Dalam beberapa saat, coba buka secara perlahan mur-baut dengan bantuan kunci/obeng paling tepat.

Perhatikan Kekuatan Pengencangan

Sangat diharapkan untuk menggunakan kunci momen agar bisa didapat tingkat, pengencangan mur/baut yang tepat dan tidak terjadi proses pengencangan berlebih untuk memudahkan proses pengendurannya kembali, selain itu agar baik kepala mur-baut atau ulirnya tidak haus atau bahkan patah.

Bersihkan Berkala

Sama seperti komponen motor yang lain, mur-baut juga butuh perawatan berkala. Ini berlaku pada bagian motor yang tidak terlalu viral seperti baut dek, baut bodi ataupun juga baut aksesoris perlengkapan motor. Caranya dengan merendam mur-baut dalam cairan minyak tanah atau bensin agar kotoran terutama pada alur baut-mur hilang. Setelah kering, oleskan pelumas oli atau gemuk untuk melumasi lapisan logam di area alur mur-baut.

Buka Paksa

Jika terjadi kerusakan parah pada bidang pengencangan baut-mur, tentnya akan sangat sulit untuk bisa dikendurkan. Jadi coba akali dengan membukanya menggunakan bantuan kunci pipa atau kunci inggris. Jika tidak mampu juga dibuka, dengan terpaksa harus dirusak kepala mur-bautnya dengan dipahat menggunakan tekanan palu.
  
Demikian cara rawat baut dan mur.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)

Sumber : Majalah Ototrend
Previous
Next Post »

Ads Inside Post