Selamatkan kaliper cakram


Selamatkan kaliper cakram - Sekarang tidak hanya wajib menyelamatkan motor dari maling, kita juga wajib menyelamatkan ragam pirantinya juga. Salah satunya adalah kaliper rem cakram yang saat inipun juga akrab jadi sasaran para maling (gbr.1). Bagaimana trik-trik agar kaliper kesayangan kita aman dan sulit dijarah maling ? Ini dia beberapa teknik mudah menyelamatkan kaliper cakram.

 

Selamatkan kaliper cakram


Hindari Baut Konvensional

Hindari pemakaian baut konvensional berpenampang segi enam karena terbilang gampang dilepas menggunakan kunci pas atau tang hanya dalam hitungan kurang dari 1 menit (gbr.2). Bisa diganti dengan baut L atau juga baut lubang bintang, untuk membuka kedua jenis baut ini yang pasti butuh kunci L.

Pilih Baut Kepala Pipih

Pembukaan baut profil L biasanya dengan kepala tebal, kadang mudah dilepas dengan bantuang tang. Sebaiknya pilih baut L berpenampang kepala tipis, bisa menggunakan baut bekas piringan cakram atau baut kembang kaliper yamaha sekalian. Dengan begitu, akan sangat sulit bagi maling untuk melepasnya menggunakan tang (gbr.3).

Lem Besi Penutup Lubang Baut

Namanya maling pastinya punya sejuta akal bulus. Tidak hanya sekedar membawa kunci pas, mereka bahkam berani membawa kunci L atau juga kunci kembang (gbr.4). Nah loh mati kutu kita dong ? jangan takut, hadang saja dengan bantuan lem besi. Dengan menimbun lubang baut L atau kembang menggunakan lem besi, bagaimana bisa maling mencopot baut kaliper motor kamu (gbr.5).

Kover Monel Pelindung Baut

Tidak hanya mampu mengamankan kaliper, aplikasi penutup baut berbahan monel tentunya mampu mendongkrak gaya. Memang butuh sedikit budget gede untuk menebusnya di toko variasi, namun akan sangat efektif untuk menghalangi maling saat siap mencopot baut kaliper (gbr.6).

Pilih Slang Serabut Baja

Yang terakhir, sebaiknya ganti selang kaliper cakram standar pabrik motor kamu dengan selang kaliper variasi yang dilindungi serat baja.
Dijamin tidak akan mempan disayat/dipotong pisau atau gunting manapun. Beda dengan selang standar yang hanya dilindungi karet, tentunya akan sangat mudah dipotong (gbr.7).

Begitulah sedikit cara menyelamatkan kaliper cakram.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)

Sumber : Majalah Ototrend
Previous
Next Post »

Ads Inside Post