Tutorial Membuat Label Undangan Dengan Ms.Word dengan bantuan Ms.Excel sebagai database

Tutorial Membuat Label Undangan Dengan Ms.Word dengan bantuan Ms.Excel sebagai database - Mengetik nama disebuah undangan sangatlah melelahkan bila nama penerima undangan jumlahnya banyak. Dengan tutorial ini akan memudahkan penulisan nama penerima undangan dengan bantuan Ms.Word dan Ms.Excel sebagai databasenya, Berikut caranya :

Tutorial Membuat Label Undangan

Pertama kita harus menyediakan kertas label undangan biasanya ada ditoko buku atau fotocopyan siapkan juga komputet jangan lupa dan software yang disebutkan dijuduldan printer.
Langkah awal membuat daftar nama penerima undangan di Ms.Excel seperti contoh dibawah :


Setelah membuat daftar nama yang sesuai jumlah yang kita inginkan lalu 'save' jangan lupa.

Langkah selanjutnya masuk ke program Ms.word dan pilih tab 'Mailings'.


Lalu pilih 'Label' seperti gambar.


Dan akan muncul seperti ini.


Lalu pilih 'Options' ( kotak merah ) dan lihat gambar selanjutnya.


Pilih 'New label' untuk membuat label baru lagi yang sesuai dengan ukuran kertas label yang kita beli ditoko buku atau fotocopyan. Seperti gambar dibawah ( Kertas label jenis 103 merek Fox ) :


Ikuti ukuran digambar kalau kertas label stiker yang dibeli sama.
    Penjelasan :
1. Label name : Nama label yg kita buat
2. Top Margin : Panjang margin atas atau batas atas
3. Side Margin : Panjang margin pinggir
4. Vertical Patch : Panjang tinggi label dan margin yang berada diantara kedua label secara vertikal
5. Horizontal Patch : Panjang tinggi label dan margin yang berada diantara kedua label secara              horizontal
6. Label Height : Tinggi label
7. Label Width : Lebar label
8. Number Across : ada berapa kolom
9. Number down : ada berapa baris pada label tersebut
10. Page Size : Pilih Custom
11. Page Width : Lebar selembar kertas label undangan
12. Page Height : Tinggi Selembar kertas label undangan
13. Lalu oke

Setelah 'Oke' akan tampil gambar seperti ini.


Lalu Klik 'Oke' lagi dan akan tampil lagi seperti dibawah dan klik 'New Document'


Setelah klik 'New Document' hasilnya akan tampil ( dokumen baru kosong )


Lalu pilih tab 'Mailings -> Select Recipients -> Use an existing list'


Dan pilih dokumen daftar nama yang sudah kita buat di Ms.Excel sebelumnya.


Open dan akan muncul sheet dokumen excelnya dan klim 'OK'.


Pilih tab 'Mailings -> Insert Merge Field -> NAMA'


Muncul didokumen kosong kita tadi menjadi seperti ini.





Lalu pilih tab 'Mailings -> Insert Merge Field -> ALAMAT'



Muncul didokumen kosong kita tadi menjadi seperti ini.


Selanjutnya selipkan kata 'DI' ditengah kata <<NAMA>> dan <<ALAMAT>>


Copy Paste <<NAMA>> dan <<ALAMAT>> dikolom pertama kekolom kedua.


Menjadi seperti ini.


Lalu pada kolom kedua klik didepan tulisan <<NAMA>>


Pilih tab Mailings ->> Rules ->> Next Record


Akan tampil seperti ini jadinya.


Copy paste isi kolom kedua dan isikan kekolom lainnya yang belum ada isinya.


Setelah itu pilih tab 'Mailings ->> Finish & Merge ->> Edit Individual Documents

Akan tampil seperti dibawah ini pilih 'All' dan 'OK'


Dan seperti ini hasil akhirnya yang berisi nama yang telah kita buat didalam Ms.Excel sebagai databasenya.


Sudah siap seperti diatas tinggal hidupkan print lalu print ( Pakai kertas labelnya ya ), selesai sudah.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
October 2, 2016 at 4:14 AM ×

Terimakasih,, sangat membantu nih....

Reply
avatar
October 2, 2016 at 4:19 AM ×

Sama-sama berbagi itu indah (o)

Reply
avatar

Ads Inside Post