Analisa SWOT web E- Commerce

Analisa SWOT web E- Commerce - Pengertian e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.  E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Contoh perusahaan yang menggunakan e-commerce adalah Amazon.com ,Dell.com ,detik.com ,Air asia ,dll.
E-Commerce memilki analisa yaitu SWOT, apa itu ?

 

Analisa SWOT

SWOT sebuah analisa yang terdiri dari Strengths ( kekuatan ), Weaknesses ( kelemahan ), Opportunities ( kesempatan ), dan Threats ( ancaman ).

Analisa SWOT mengenai web e-commerce :


STRENGTHS

1) Indonesia dengan populasi penduduk ratusan juta adalah potensi yang luar biasa besar, jika daya belinya sudah meningkat. Untuk itu perlu diantisipasi sejak jauh-jauh hari, agar ketika yang demikian itu terjadi maka sudah siap untuk menampung animo beli mereka.2) Anda dapat melakukan bisnis Anda secara global dengan duduk di, rumah kantor atau di kamar tidur.
3) Produk mencapai pelanggan langsung dari produsen dengan harga lebih Rendah dari nilai pasar.
4)Lebih cepat dan efektif.
5) Dengan mengunjungi website yang berbeda satu dapat dalam waktu singkat dapat membandingkan harga dan membeli pada kesepakatan terbaik.
6) Iklan produk lebih efektif di bandingkan dengan sistem offline konvensional.
7) biaya rendah staf.
8) transaksi Keuangan melalui transfer dana elektronik sangat cepat dan dapat dilakukan dari setiap bagian dari dunia.
9) Dapat dimulai dengan investasi yang sangat rendah.
10) Indonesia dengan populasi penduduk ratusan juta adalah potensi yang luar biasa besar, jika daya belinya sudah meningkat. Untuk itu perlu diantisipasi sejak jauh-jauh hari, agar ketika yang demikian itu terjadi maka sudah siap untuk menampung animo beli mereka.


WEAKNESSES


1) Tidak ada interaksi langsung antara pelanggan dan penjual. Oleh karena itu, ruang lingkup meyakinkan pelanggan tidak ada.
2)Tidak semua masyarakat dapat memahami cara kerja e-commerce dan bagaimana cara bertransaksi dengan menggunakan e-commerce.
3) Kualitas & Biaya pengiriman barang menjadi kendala. Terutama untuk perusahaan yang ingin melayani customer di luar negeri, biaya pengiriman dapat mencapai U$S 40/kg untuk ke Inggris dengan FedEx – sangat prohibitif.    
4) Nomor pelanggan potensial yang dapat membeli melalui internet masih belum cukup.
5) Secara tidak langsung mengurangi lapangan kerja buat para staff dan pencari kerja.


OPPORTUNITIES


1) Setiap hari jumlah pengguna internet meningkat dengan cara cepat.
2) Di masa depan orang-orang  akan merasa lebih nyaman untuk membeli produk melalui internet saja.
3) Perusahaan-perusahaan besar sudah masuk dalam bidang ini sehingga, mereka membuat orang-orang pemasaran kebiasaan dan yakin melalui Internet dengan biaya dari perusahaan.
4) Membuka peluang bisnis dari luar negeri – devaluasi Rupiah berarti barang-barang kita menjadi murah untuk mereka. Dan e-Commerce akan memungkinkan mereka untuk membelinya dengan mudah. Pendatang-pendatang baru di Internet – website-website portal sibuk untuk merekrut mereka untuk menjadi customernya.


THREATS


1) Banyaknya hacker yang mengancam dan sewaktu-waktu dapat mengancam dan mencuri data-data milik customer.
2) Kecerobohan administrator yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada e-commerce
3) Dapat dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Dapat disimpulkan bahwa dewasa ini banyak perusahaan yang menggunakan sistem e-commerce untuk menjalankan bisnis mereka karena menyesuaikan dengan perkembangan internet sekarang ini dan di sisi lain e-commerce memiliki banyak keuntungan dan kesempatan yang besar meskipun begitu tentu perusahaan harus meminimalisir banyaknya dampak yang bisa terjadi dikarenakan bisnis e-commerce ini.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)
Previous
Next Post »

Ads Inside Post