Pengertian Paragraf atau alinea dan fungsinya

Pengertian Paragraf atau alinea dan fungsinya - Istilah paragraf atau alenia sudah sering kita dengar bahkan pernah digunakan baik dalam percakapan maupun dalam praktik. Dalam rapat, diskusi, ataupun seminar. Apalagi mereka yang sering menulis baik menulis surat, kertas kerja, laporan, dan skripsi pastilah mereka itu menggunakan pengertian paragraph dalam tulisan tersebut, apa itu paragraf ?

Pengertian Paragraf 

Apabila ditanyakan tentang paragraf, maka jawabannya akan bervariasi. Alinea sering diartikan sama dengan garis baru atau ganti garis. Weaver (1961,194) menjelaskan bahwa paragraph mean something written beside. Barnett (1974:61) memberikan penjelasan bahwa a paragraph is a group of closely related sentence arraged in a way that permits a central idea to be defined, developed, and clarified. Selanjutnya, Wojowasito (1977 ,285) mengartikan bahwa paragraf adalah bagian dari pasal demi pasal.

Dari beberapa pendapat tersebut dapat dipahami bahwa paragraf berisi "sesuatu" dan penulis paragraf selalu dimulai dengan garis baru yang dimajukan ke depan atau (indentation). Paragraf merupakan seperangkat kalimat yang berkaitan erat satu sama lainnya. Kalimat-kalimat disusun menurut aturan tertentu sehingga makna yang dikandungnya dapat dibatsi, dikembangkan dan diperjelas.

Ada beberapa ciri atau karakteristik paragraf. Ciri atau karakteristik yang dimaksud adlah sebagai berikut :
1. Setiap paragraf mengandung makna, pesan, pikiran, atau uumnya paragraf baru dibangun oleh sejumlah kalimat.
2. Umumnya paragraf dibangun oleh sejumlah kalimat.
3. Paragraf adalah satu kesatuan yang koheren dan padat.
4. Paragraf adalah satu kesatuan ekspresi pikiran.
5. Kalimat-kalimat dalam paragraf tersusun secara logis sitematis.

Ditinjau dari ciri atau karakteristiknya, maka dapat disimpulkan bahwa paragraf adalah seperangkat kalimat yang tersusun logis-sistematis yang merupakan satu kesatuan ekspresi pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalem keseluruhan karangan.

Fungsi Paragraf


Sesuatu yang bersifat abtsrak lebih sukar dipahami dibandingkan dengan sesuatu yang lebih kecil dan konkret. Pemahaman pada dasarnya ialah memahami bagian-bagian kecil serta hubungan antarbagian-bagian itu dalam rangka keseluruhan. Karangan pun dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang abstrak. Untuk memahami suatu karangan dapat dilakukan dengan cara memahami bagian-bagian yang lebih kecil yang dikenal dengan istilah paragraf. Memahami isia paragraf jauh lebih mudah daripada memahami isi buku sekaligus.

Penulisan paragraf yang terencana dengan baik selalu bersifat logis dan sitematis. Paragraf yang disusun dengan baik merupakan alat bantu bagi pengarang maupun bagi pembaca. Seperangkat kalimat yang disusun akan memungkinkan pengarang mengembangkan jalan pikirannya secara sitematis pula. Oleh karena itu, penulisan paragraf yang logis memungkinkan pengarang melahirkan jalan pikirannya secara sitematis. Kalimat-kalimat yang tersusun secara sitematis akan memudahkan pembaca menelusuri serta memahami jalan pikiran pengarang. Fungsi lain adalah mengarahkan pembaca dalam mengikuti alur pikiran pengarang untuk memahami isinya.

Paragraf yang baik selalu berisikan ide pokok tersebut merupakan bagian yang integral dari ide pokok yang terkandung dalam keseluruhan karangan. Ide pokok tidak hanya bagian dari paragraf, tetapi juga mempunyai relevansi yang menunjang. Melalui fragmen-fragmen ide pokok yang tersirat dalam tiap paragraf, maka akhirnya pembaca sampai pada pemahaman total sebuah karangan. Dalam hal ini, paragraf berfungsi sebagai alat penyampai fragmen pikiran dan penanda pikiran baru mulai berlangsung.

Dalam kesatuan karangan, paragraf sering juga digunakan sebagai pengantar, transisi, atau peralihan dari satu bab ke bab lain. Di sisi lain, paragraf berfungsi sebagai pengantar, transisi, dan konklusi. Pada sebuah karangan, paragraf biasa digunakan sebagai penutup.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Paragraf atau alinea dan fungsinya.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)
 
Previous
Next Post »

Ads Inside Post