Pengertian E-Commerce serta peluang E-Commerce dan infrastruktur didalam dunia kampus


Pengertian E-Commerce serta peluang E-Commerce dan infrastruktur didalam dunia kampus - Semua orang mengerti tentang jual beli tetapi saat sekarang ini saatnya teknologi yang berbicara, dari teknologi yang ada sekarang seperti berkembangnya internet munculah jual beli secara online atau disebut E-commerce. Apa itu E-Commerce  ?



Pengertian E-commerce

E-Commerce atau Electronik Commmerce yang secara umum dapat dartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui atau memanfaatkan media internet, Dimana dalam suatu website menyediakan dan dapat melakukan transaksi secara online dengan cara berdagang ataupun berbelanja. Di Indonesia ada beberapa tokoh dalam E-Commerce.

E-Commerce memiliki faktor pendukung yaitu :
1. Memiliki cakupan yang luas
2. Proses  transaksi menjadi lebih cepat
3. Pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik
4. Menciptakan efisiensi yang tinggi, murah serta informatif
5. Meningkatkan kepuasan pelanggan,pelayanan cepat,mudah aman dan akurat.

E-Commerce memiliki beberapa jenis yaitu:
1. Busines to Busines (B2B)
Contoh :
-Transaksi antar perusahaan melalui “Corporate Internet Banking”
-Globalmarket.com  perusahaan perdagangan internasional pemasaran.

2. Busines to Cunsumer (B2C)
Contoh :
-Resservasi tiket lion air melalui www.lion-air.co.id
-bhineka.com

3. Consumer to Consumer (C2C)
Contoh:
-bidhera.com
-munyle.com
-tokobagus.com

4. Consumer  to Busines (C2B)
Contoh:
-www.Priceline.com
-www.Inabay.com
-Zulidacom

5. Mobil Commerce (m-commerce)
Dilaksanaka dilingkungan tanpa kabel (wireless environment) seperti menggunakan telepon selular untuk akses internet.

6. Intrabussines (Organization) Electronic Commerce
Sering disebut juga Businessto-Employe
E-Commerce memiliki keuntungan tersendiri bagi konsumen keuntungannya dapat melakukan pencarian barang secara online dengan mudah mau kapan saja dan dimana saja bisa memperolehnya.
Bagi pelaku bisnis keuntungannya dapat menjual produknya dengan mudah dan tepat waktu tinggal pelaku bisnis mengupdate data barang yang baru.
Dan bagi manajeman atau perusahaan E-Commerce mendapatkan keuntungan peningkatan pendapatan dan loyalitas pelanggan.

Peluang E-Commerce serta infrastruktur didalam dunia kampus
Dalam dunia kampus atau perkuliahan E-Commerce memiliki banyak peluang bisnis besar yang lumayan menjanjikan bagi pelaku bisnis online, dengan adanya E-Commerce secara cepat informasi dapat menyebar luas inilah salah satu keunggulan dari E-Commerce itu sendiri.
Banyak sudah E-Commerce didalam dunia kampus atau perkuliahan yang banyak beredar biasanya kebanyakan dari mereka adalah perempuan mereka menjual seperti pakaian ,tas dan alat-alat kosmetik (online shop)yang tidak bisa terlepas dari diri perempuan  itu sendiri.
Dengan begitu saya memilih peluang berjualan makanan disekitar kampus peluang ini belum ada karena kampus saya yang pertama tidak memiliki kantin ada juga jauh jadi harus berjalan lumayan jauh kalau ingin membeli makanan.

Saya rasa peluang ini sangat bagus karena semua makhluk hidup pasti memerlukan makanan dengan berjualan seperti gorengan,piscok dan sebagainya,dari ide inilah jadi saya ingin membuat E-Commerce penjualan makanan diarea kampus bisa disebut juga delivery order karena saya bisa mengantarkan langsung kepada pelanggan yang sudah memesan dengan menggunakan perangkat seperti gadget dan sebagainya.

Peluang ini didukung dengan infrastruktur dikampus yang sudah memiliki wifi atau internet jadi pelanggan tidak perlu pusing lagi bagaimana caranya mengakses dan memesan makanan tersebut.
Dengan mudah memesan dan cepat prosesnya daripada penjualan makanan yang tidak memiliki e-commerce dia monoton saja tempat dan itu-itu aja pembelinya sedangkan penjualan makanan yang menggunakan e-commerce dapat lebih mudah diakses kapan saja dan dimana saja yang terpenting memiliki sambungan internet untuk mengaksesnya.

Semua anak kampus pasti sudah memiliki smartphone atau gadget yang canggih jadi pasti bisa mengaksesnya untuk memesan makanan jadi saya pikir ini peluang yang sangat bagus ketika dijadikan sebuah e-commerce, menjanjikan dan pastinya sudah didukung dengan infrastruktur yang ada seperti wifi dikampus tersebut.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih :)
Previous
Next Post »

Ads Inside Post